Komposisi warna SSC value di cadari

 

Unsur-unsur nirmana ini adalah bagian terkecil dari suatu objek atau komposisi. Unsur tersebut adalah objek untuk menerapkan asas atau prinsip nirmana. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui objek dua dimensi apa saja yang dapat diterapkan pada komposisi warna SSC value cadaran.Menurut Wucius Wong (1972, hlm. 7) Unsur-unsur Nirmana ini terbagi menjadi empat grup, yaitu:

  1. Unsur Konseptual
  2. Unsur Visual
  3. Unsur Relasional (Relational Element)
  4. Unsur Praktis (Practical Element, Praktik, bukan “ringkas” atau “mudah”)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing grup unsur dan unsur-unsur yang dibawahinya.

1. Unsur Konseptual

Unsur Konseptual tidak terlihat secara kasat mata. Sebetulnya unsur ini tidak benar-benar ada namun tetap hadir secara maya untuk membentuk Unsur Visual atau unsur yang tampak.

2. Unsur Visual

Unsur Visual adalah ketika unsur konsepsual tampak menjadi bentuk yang nyata. Ketika kita menggambar objek nyata pada kertas, kita menggunakan garis yang sebetulnya masih konseptual. Garis yang tampak pada kertas sudah tidak dalam ranah konsep lagi, melainkan sudah hadir visualisasinya. Warna dan teksturnya bergantung dari alat gambar dan bahan yang kita gunakan untuk membuatnya.

Maka, saat unsur konseptual telah menjadi tampak, unsur tersebut memiliki: Bentuk, Ukuran, Warna dan Tekstur atau bahasa bakunya: barik. Unsur visual memiliki peranan yang paling penting dalam karya desain atau seni murni, karena unsur inilah yang sebetulnya tampak

3. Unsur Relasional

Unsur-unsur relasional mengatur penempatan dan keterhubungan antar bentuk dalam komposisi. Beberapa unsur dapat dilihat dan tampak nyata seperti Arah dan Posisi. Sementara itu sebagian unsur hanya hadir untuk dirasakan seperti Ruang dan Gravitasi.


Komentar

Postingan Populer